Informasi Inspirasi Technologi Tips and Trick Android

Powered by Blogger.

Tempat Wisata Dikota Palembang yang wajib dikunjungi

tempat-tempat menarik yang dapat anda kunjungi diantaranya:

1. Jembatan Ampera.

Jembatan yang menjadi ciri khas kota Palembang yang dibangun pada tahun 1962 ini menghubungkan daerah seberang Ulu dan seberang Ilir. Kedua wilayah ini terpisahkan oleh sungai Musi. Dulu jembatan ampera memiliki motor penggerak yang bisa terangkat jika ada kapal besar yang melintas di bawahnya. Tetapi sejak tahun 1970 fungsi ini dihentikan agar tidak mengganggu perjalanan yang melintas. Karena waktu yang dibutuhkan untuk membuka jembatan sampai terangkat sempurna sekitar 30 menit. Di malam hari, tempat ini bagaikan obyek wisata wajib bagi fotografer.


2. Benteng Kuto Besak.

Bangunan ini merupakan sisa benteng Kerajaan Palembang Darussalam waktu zaman Belanda. Benteng yang dibangun untuk pertahanan menangkal serangan Belanda dan sekaligus rumah tinggal. Benteng Kuto Besak merupakan tempat wisata menarik mirip dengan yang di Jogja yang bernama Vredeburg yang memiliki nilai sejarah dan bukti bisu perjuangan bangsa melawan penjajah yang masih kokoh. Lokasi benteng ini tidak jauh dari Sungai Musi.


3. Sungai Musi.

Sungai yang terkenal ini adalah sungai terpanjang di Sumatera yang panjangnya mencapai 750 km. Bagi masyarakat setempat, sungai ini adalah pantai yang memanjang, tempat berlabuhnya kegiatan perekonomian juga penenang ketegangan usai pekerjaan. Airnya yang bergelombang dapat mengembalikan kesegaran mata memandang. Kegiatan wisata Palembang yang ditawarkan, dipusatkan di tepiannya, kafe dan restoran cukup banyak tersebar di sini. Lebih menyenangkan lagi, ditepian sungai ini tersedia perahu jelajah yang menghadirkan pemandangan menawan mengarungi sungai Musi.


4. Masjid Cheng Hoo.

Tempat wisata menarik lainnya yang bisa dinikmati di Palembang adalah Masjid Cheng Hoo. Sebuah Masjid bergaya nuansa ornamen Tionghoa. Lokasi Masjid Cheng Ho ini di kawasan Jakabaring. Merupakan tempat beribadah dan tidak dipungut biaya namun harus tetap menjaga ketenangan umat islam yang beribadah. Lokasinya mudah ditemukan dan berada dekat pusat kota.




5. Wisata Bukit Siguntang.

tempat ini terletak di kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I. Dahulunya dipercaya sebagai tempat ibadah keluarga kerajaan serta tempat pertapaan untuk menenangkan pikiran. Hingga saat ini, Bukit dengan ketinggian ketinggian 29-30 meter dari permukaan laut ini, masih tetap dianggap sakral oleh masyarakat setempat. Biasanya pengunjung yang datang ke tempat ini akan melakukan ritual ziarah ke makam-makam para bangsawan zaman dahulu yang dianggap sebagai orang penting pendiri kota Palembang.

6. Pulau Kamaro.

Kalau kita berfoto di tempat wisata ini, pasti banyak yang menyangka sedang berlibur di China. Di Pulau Kemaro, kita bisa meilihat pagoda 9 lantai, Klenteng Soei Goeat Kiong (Dewi Kuam Im), Makam Tan Bun An dan Siti Fatimah, serta sejumlah patung dewa-dewi China. Pulau Kemaro berjarak 5 Km dari Jembatan Ampera, Palembang. Letaknya di daerah hilir Sungai Musi. Kita hanya perlu waktu sekitar setengah jam dengan menyewa perahu tradisional ataupun perahu cepat di dekat jembatan Ampera.


7. Air Terjun Lematang Indah.

Salah satu tempat wisata di Palembang yang paling terkenal, yang terletak di kota Pagar Alam. Air Terjun Lematang Indah mempunyai ketinggian sekitar 40 meter, tidak terlalu tinggi seperti air terjun Takapala yang menjadi favorite wisata Makassar, namun mempunyai lingkungan sekitar yang asri sehingga sangat menyejukan mata pengunjung. Perjalanan menuju Air Terjun ini akan menyuguhkan pemandangan yang sangat indah, sehingga anda tidak akan bosan di perjalanan.




8. Gunung Dempo.

Gunung Dempo merupakan salah satu obyek wisata alam Kabupaten Lahat. Gunung tertinggi di Sumatera Selatan ini dapat dicapai langsung dari Palembang dengan kendaraan pribadi selama lebih kurang 6 jam, menempuh jarak sepanjang 295 km. Dapat juga mempergunakan bus umum dari Lahat menuju Pagar Alam (60 km), dan dari sini dilanjutkan dengan bus lain menempuh jarak 9 km sampai ke perkebunan dan pabrik teh lereng gunung. Obyek wisata ini mirip dengan keindahan gunung Lokon Tomohon.


9. Air Terjun Bidadari di Lahat.

 Air Terjun Bidadari terletak di desa Karang Dalam Kecamatan Pulau Pinang kurang lebih 8 km dari kota Lahat, Palembang. Di sekitar lokasi Air Terjun tersebut, ada 3 Air Terjun andalan lainnya yaitu: Air Terjun Bujang Gadis, Air Terjun Sumbing dan Air Terjun Naga. Semuanya dapat dinikmati dengan menyusuri aliran dari Air Terjun Bidadari. Jadi terbayang bahwa susunan obyek ini mirip dengan air terjun Sendang Gile, Tiu Kelep dan Batara Lejeng yang berjejer, yang merupakan tempat wisata menarik di Lombok, bukan?


10. Air Terjun Maung (Curup Maung).

Maestro alam yang sempat trending topik di internet ini wajib anda kunjungi. Untuk dapat sampai ke tempat wisata Curup Maung Palembang, anda dapat menempuhnya dengan menggunakan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat selama kurang lebih satu jam dari Ibu Kota Kabupaten Lahat menuju Kecamatan Gumay Ulu. Setelah sampai di Desa Padang Muaro Duo Kecamatan Gumay Ulu Kabupaten Lahat anda harus memarkir kendaraannya yang telah disediakan oleh penduduk setempat. Setelah setelah memarkirkan kendaraan anda di tempat parkir yang telah disediakan, maka anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama ± 1 jam. Untuk sampai ke curug maung, anda akan melewati hutan dan kebun kopi dengan medan yang menurun dengan tingkat kecuraman hampir 45 derajat. Jika anda berangkat dari kota Palembang, maka dibutuhkan waktu sekitar tujuh jam perjalanan dengan menggunakan transportasi darat.

Air Terjun Curup Maung
Jalan-jalan di wilayah Palembang Sumatera Selatan jangan sampai tidak singgah ke 10 tempat wisata populer yang telah kami sebutkan di atas. Pengalaman seru bahkan tidak terlupakan saat anda datang ke obyek-obyek menarik tersebut.
Tag : Informasi
0 Komentar untuk "Tempat Wisata Dikota Palembang yang wajib dikunjungi"

Back To Top